Articles - Lifestyle

28 September 2016 | 09.50 WIB

“Bola-Bola Nasi”, Bekal Sehat untuk Si Kecil

OneEast.co.id - Tak sedikit orang tua yang khawatir jika buah hatinya jajan sembarangan ketika di sekolah. Karena itu, solusi terbaiknya dengan membuatkan bekal menu sehat dan lezat untuk si kecil.

Namun, seringkali si anak tidak menyukai bekal yang disiapkan dengan alasan rasa dan menunya yang kurang menarik. Nah, agar buah hati Anda tertarik dengan menu bekal yang disiapkan sebaiknya pilih menu sederhana, tapi penuh dengan kreasi.

Misal, Anda bisa membuatkan bola-bola nasi lezat dengan isian wortel, daun bawang, udang dan bahan lainnya. Cara ini tentu bisa menjadi daya tarik anak-anak karena bentuknya yang lucu dan rasanya yang lezat.

Pilihan menu bola-bola nasi ini pun terbilang cukup simpel, terlebih bagi Anda yang tinggal di hunian vertikal modern, karena semua bahan-bahannya terdapat di dalam kulkas. Berikut ini resep dan cara membuat bola-bola nasi ala netizen dengan akun instagram @rantie_fidya seperti dikutip dari Okezone.com beberapa waktu lalu.

Bahan-bahan :

- 1 mangkuk nasi

- 1/2 buah wortel dipotong kotak-kotak

- 2 batang daun bawang diris

- 1 ons udang kecil yang sudah kupas (bisa telur puyuh atau ptotongan ayam)

- 2 siung bawang putih dicincang halus

- 3 sdm air matang

- 2 sdm saus tiram

- 1 sdt kecap manis

- 1/2 sdt merica

- 1/4 sdt garam

- Telur, kocok lepas sebagai pelapis 

Cara membuat :

Pertama, tumis bawang putih hingga harum, lalu tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, merica, dan 3 sdm air matang. Selanjutnya, masukkan wortel, udang, dan masak hingga air agak mengering, lalu masukkan irisan daun bawang, dan cicipi rasanya apakah sudah sesuai dengan selera.

Untuk membuat bola-bola nasi, ambil sekitar 2 sdm nasi, pipihkan dan tuang 1 sdt bahan isian diatasnya, kemudian kepal-kepal hingga berbentuk bulat seperti bola. Celupkan bola-bola nasi ke kocokan telur. Barulah, goreng hingga kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Ketika menyajikan, Anda bisa kombinasikan dengan saus sambal dan mayones, dan siap jadi bekal sehat dan lucu untuk si buah hati Anda.