Articles - Travel

28 September 2016 | 14.10 WIB

Bunga Terbesar di Dunia, “Rafflesia Arnoldii” kembali Mekar

 

OneEast.co.id - Pesona Indonesia seolah takkan pernah ada habisnya. Bunga terbesar di dunia, Rafflesia Arnoldii kembali mekar di hutan hujan Pulau Sumatera, Indonesia.

Namun, kali ini berbeda karena mekarnya bunga terbesar ini berada di dua tempat berbeda, yakni di Hutan Taba Penanjung dan Hutan Tebat Monok, Provinsi Bengkulu, seperti dikutip dari laman Lonelyplanet beberapa waktu lalu.

Tentu ini menarik minat para wisatawan dan peneliti untuk melihat langsung bunga yang hanya ada di Bengkulu ini. Selain memilki ukuran khas yang besar, bunga ini juga memiliki aroma khas seperti daging membusuk, karena itulah bunga ini sering disebut juga sebagai bunga bangkai.

Seorang peneliti asal Inggris pun tak mau menyia-nyiakan momen jarang ini, Joseph Arnold sebagai ahli botani menyaksikan dan melakukan penelitian terhadap bungan yang ditemukan oleh Sir Stamford Raffles.

Beberapa ciri dari bunga Refflesia ini pun mudah dikenali, seperti memiliki bintik-bintik putih pada kelopaknya, tidak punya akar, dan bunga ini juga tumbuh sebagai parasit di dalam kulit tanaman inang sampai tumbuh mahkotanya.

Nah, bila Anda bingung menentukan tempat berlibur, berkunjung ke Provinsi Bengkulu bisa jadi pilihan tepat. Bahkan tak tanggung-tanggung, pemerintah setempat telah menyiapkan beragam program untuk mempromosikan pariwisatanya, mulai dari event pada HUT  Provonsi Bengkulu ke-48 tahun pada November 2016 mendatang hingga lewat film layar lebar Pesona Bengkulu 2017 mendatang.   

Yuk, berwisata di Bumi Rafflesia!