Articles - Lifestyle

27 September 2016 | 15.27 WIB

Catat Ini... Tidur Siang Di Kantor Mampu Tingkatkan Produktivitas & Kreativitas

OneEast.co.id - Tak sedikit, orang-orang di kantor sering merasakan kantuk pada waktu-waktu tertentu, khusus setelah makan siang hingga pukul tiga sore. Namun, pernahkah Anda mencoba untuk tidur siang di kantor?   

Untuk sebagian orang tentu pernah merasakan tidur di atas meja, terlebih bila sudah merasa kantuk berat. Berdasarkan riset dari Universitas of Michigan, tidur siang di kantor mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas.

Bahkan, cukup dengan tidur siang di kantor dapat meningkatkan daya ingat dan tingkat kewaspadaan. Karena itu, tak jarang para karyawan di kantor sering mencolong waktu untuk sekadar tidur 15 sampai 30 menit.

Nah, sebaiknya Anda tetap waspada ketika tidur siang di kantor karena tidak semua atasan memiliki toleransi terhadap aktivitas tersebut. Lalu, dimana dan kapan waktu paling tepat untuk melakukan tidur siang di kantor? Berikut ini tips yang bisa jadi referensi untuk Anda seperti dikutip dari laman Bustle beberapa waktu lalu.

Atur alarm

Bila Anda tidak ingin bablas ketika tidur siang sebaiknya pasang alarm. Idealnya antara 20 sampai 30 menit waktu yang Anda miliki ketika ingin sejenak istirahat tidur.

Potong waktu istirahat

Nah, bila Anda ingin memiliki waktu leluasa tidur siang bisa dengan memotong waktu istirahat makan siang. Selain itu, Anda tidak perlu was-was ketahuan atasan karena ketika jam makan siang banyak karyawan atau bahkan atasan Anda tidak ada di ruangan.

Gunakan penutup mata atau buff

Agar momen tidur siang tidak terganggu dengan suara dan silaunya cahaya, sebaiknya Anda gunakan penutup mata atau buff yang bisa dijadikan penutup mata sekaligus telinga. Dengan begitu, tidur siang Anda tidak mudah terganggu dengan suara-suara yang tidak jelas.

Minum kopi sebelum tidur

Cara yang satu ini tentu sangat bertolak belakang dengan khasiat dari minuman kopi. Tapi, minum kopi sebelum tidur siang dapat membantu Anda segar saat bangun, dan mampu mencegah Anda merasakan pusing setelah bangun tidur siang singkat.