Articles - Travel

27 September 2016 | 09.19 WIB

Pembangunan Infrastruktur Mampu Genjot Potensi Pariwisata Indonesia

 

OneEast.co.id - Salah satu faktor yang mampu menggenjot potensi pariwisata di dalam negeri, yakni dengan cara pembangunan infrastruktur. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun hingga kini terus melakukan pembangunan infrastruktur dan penataan kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), guna meningkatkan potensi pariwisata setempat.

Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR Adjar Prajudi mengatakan, pengembangan tersebut berkaitan dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional 2017.

"Pada tahun 2016, Ditjen Cipta Karya telah membuat Detail Engineering Design (DED) untuk kawasan Mandalika untuk pembangunan kawasan tersebut," ucap Adjar seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pengembangan wilayah Mandalika akan dilakukan secara bertahap, pertama telah diselesaikannya pengadaan lahan seluas 1.035 hektar, dan pembangunan akses jalan dalam kawasan tersebut sepanjang 4 kilometer yang kini sedang berjalan.

"Pada tahun ini juga dilakukan penataan area pantai kurang lebih seluas 5 hektar, serta peningkatan air bersih kawasan Kuta dan sekitarnya. Selain itu, akan dilakukan peningkatan pembangunan di Kawasan Mandalika, Kuta dan sekitarnya diharapkan mampu mempercepat pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat," tutupnya Adjar.