Articles - Property

28 September 2016 | 11.14 WIB

Tips Simpel Agar Hunian Terbebas dari Kebisingan

 

OneEast.co.id - Apakah hunian Anda sudah sempurna? Tentu ada satu hal yang seringkali terlewatkan oleh para penghuni, yakni mengenai kebisingan. Lalu, bagaimana mengatasi kebisingan dari luar rumah?

Untuk sebagian orang memiliki hunian yang tenang tanpa banyak gangguan dari luar tentu merupakan sebuah impian. Karena itu, tak jarang banyak orang khususnya masyarakat modern memilih hunian bergaya vertikal atau perumahan cluster agar terbebas dari kebisingan di lingkungan sekitar yang padat.

Namun nyatanya, hunian mewah yang sudah Anda tempati tetap merasakan kebisingan dari luar rumah yang kerap terjadi. Mulai dari aktivitas di jalan sekitar rumah hingga aktivitas tetangga yang sering terdengar.

Nah, agar terbebas dari semua kebisingan di lingkungan sekitar, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan dasar saat mendekor interior hunian Anda, seperti yang dilansir dari laman Domino.com beberapa waktu lalu.

Tirai jendela

Jendela merupakan salah satu sumber yang memantulkan suara dari luar sehingga kebisingan dari luar tak jarang sering terdengar hingga ke dalam rumah. Maka dari itu, menggunakan tirai bisa jadi solusi untuk meredam suara masuk ke dalam. Terlebih bila Anda menggunakan dua jenis tirai sekaligus, seperti gunakan tirai transparan dan tirai utama.

Gunakan karpet

Perabotan yang wajib ada di dalam hunian Anda untuk meminimalisir kebisingan, yaitu dengan menggunakan karpet pada alas lantai. Dengan menggunakan karpet, suara bising dari luar tidak akan memantul ke dinding atau atap, karena lunaknya bahan karpet telah menyerap suara bising atau dengan kata lain karpet sebagai material pantul yang kurang baik.

Tanaman hias

Siapa sangka jika tanaman dapat meredam suara. Dengan meletakkan tanaman hias di bagian dekat jendela rumah bisa jadi solusi terbaik. Selain menambah asri hunian Anda, tanaman hias kecil seperti berupa kaktus sangat cocok digunakan.

Artistik hunian  

Untuk sebagian orang tentu tidak menyadari fungsi lain lukisan berbahan kanvas atau patung kayu ketika diletakan di dalam rumah Anda. Dengan meletakkan berbagai benda artistik berupa kesenian seperti lukisan atau patung bisa meredam suara.

Rak buku

Ternyata rak buku juga bisa dijadikan peredam suara yang baik. Banyaknya susunan buku dapat membantu meredam suara bising yang kerap terjadi. Hal ini disebabkan karena buku memiliki bahan yang lunak sehingga pantulan suara yang terjadi di dalam hunian tidak akan mudah menyebar atau tidak mudah menyebarkan bising.