Articles - Property

30 August 2016 | 14.29 WIB

Wajib Lihat, 5 Bangunan di Dunia dengan Gaya Arsitektur Fantastik

 

One-East.co.id - Tak sedikit bangunan yang ada di dunia telah menjadi karya seni yang cukup mengesankan. Mulai dari gaya arsitektur hingga fungsi dari bangunan tersebut.

Namun begitu, untuk menjadi bangunan dengan nilai arsitektut berkelas dunia tentu tidak hanya bermodal pada konsep dan desainnya saja, melainkan mengandung filosofi dan fungsi, serta memiliki ciri khas dari interior dan eksteriornya.

Karena itu, kini para pengembang properti di tanah air pun juga melakukan inovasi, seperti yang dilakukan MNC Land saat membangun gedung MNC Media Tower yang mengacu pada konsep bangunan unity in diversity.

Nah, berikut ini 5 karya arsitektur paling mengesankan di dunia, seperti dikutip dari situs web Business Insider beberapa waktu lalu. 

1. Bangunan tertua Göbekli Tepe di Turki

Bangunan ini dibangun pada 9500 sebelum masehi (SM). Hingga kini banyak para arkeolog di dunia belum bisa memastikan fungsi bangunan yang ada di Turki ini. Meski begitu, diperkirakan jika bangunan ini merupakan situs keagamaan pada zamannya. 

2. The Golden Temple di Amritsar, India

Bila di Indonesia cukup dikenal dengan Masjid Kubah Emas di Depok, ternyata di India telah lama ada bangunan yang menggunakan emas sebagai bahan material bangunannya. The Golden Temple di Amritsar, India merupakan bangunan kuil emas dengan gaya arsitektur khas India. Kuil emas ini dibangun guru Ram Das pada tahun 1577 silam. 

3. The Las Lajas Sanctuary di Nrino, Kolombia

The Las Lajas Sanctuary merupakan gereja yang terletak di atas sungai Guaitara di Kota Ipiales Narino, Kolombia. Gereja ini dibangun pada tahun 1916 dan baru selesai pada tahun 1949 akibat kekurangan dana saat pembangunannya. Uniknya, selain gaya arsitekturnya yang khas, gereja ini terlihat melawan gravitasi karena berada di atas jembatan dengan latar pemandangan alam.

4. Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol

Seorang arsitek, Antoni Gaudi merupakan otak dibalik bangunan fantastik Sagrada Família. Sagrada Familia merupakan gereja yang gaya eksterior bangunannya menyerupai kastil di negeri dongeng Narnia. Dibangun sejak tahun 1883 hingga 15 tahun Antoni terus fokus pada pembangunan gereja di Barcelona ini. Namun, hingga kini pembangunan dan renovasi terus dilakukan di gereja Sagrada Familia.  

5. Fulton Center di New York

Tak hanya bangunan klasik saja, para arsitektur pun hingga kini terus membuat bangunan dengan desain futuristik, salah satunya Fulton Center di New York. Tepat pada tahun lalu, Fulton Center di bangun untuk memenuhi kebutuhan pusat bisnis dan gaya hidup dengan gaya arsitektur modern yang futuristik.